~ 5 Minutes Read
Jun 10, 2022 ~ 5 Minutes Read

Apa Saja Jenis Baterai Sepeda Listrik? Inilah Perbedaannya


10

Jun 2022

Sepeda listrik yakni sepeda yang mempunyai tenaga motor listrik sebagai alat bantu pergerakannya. Perbedaan dari sepeda listrik denganĀ sepeda motor listrik, yakni sepeda listrik mempunyai pedal seperti sepeda pada umumnya yang bisa juga digunakan untuk menggerakkan sepeda listrik yang berasal baterai, sedangkan untuk sepeda motor listrik hanya menggunakan atau mengandalkan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya.

Oke, lanjut kita masuk ke pembahasan utamanya, yakni apa saja jenis dari baterai sepeda listrik.

Jenis Baterai Sepeda Listrik

Baterai Lead Acid

Everstart Maxx Pimpin Asam Grup Baterai Otomotif Ukuran 34 Foto Stok -  Unduh Gambar Sekarang - iStock

Jenis baterai sepeda listrik ini dikenal dengan harganya yang sangat murah. Yang mana mempunyai kapasitas daya yang lebih kecil dengan berat yang cukup berat dibandingkan dengan jenis-jenis baterai sepeda listrik yang lainnya dengan ukuran dan berat yang sama. Baterai ini yaitu jenis baterai terberat dari semua jenis baterai dari sepeda listrik yang ada dan tersedia di pasaran.

Baterai Nikel Kadmium

Nikel kadmium Stok Foto, Nikel kadmium Gambar Bebas Royalti | Depositphotos

Jenis baterai sepeda listrik ini dikenal kuat dan bisa bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama, namun jika dilakukan perawatan yang tepat. Baterai ini mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan baterai jenis baterai di atas yaitu lead acid. Namun, kapasitas dari baterai ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan baterai sepeda listrik lithium. Baterai sepeda listrik jenis ini mempunyai kinerja beban yang baik. Baterai jenis ini mampu menahan banyak tekanan dari throttle. Akan tetapi, kelemahan dari baterai jenis ini, yakni mempunyai self-discharge rate yang rendah.

Baterai Lithium Ion

18650 Baterai Lithiumion Isi Ulang Terisolasi Pada Latar Belakang Putih  Baterai Untuk Senter Vapes Rokok Elektronik Laptop Foto Stok - Unduh Gambar  Sekarang - iStock

Jenis baterai sepeda listrik ini merupakan jenis baterai menjadi baterai default untuk setiap sepeda listrik yang mana bateria ini tersedia di pasaran saat ini. Baterai lithium ion mempunyai kapasitas yang lebih besar akan tetapi bobotnya tidak terlalu berat alias ringan. Baterai ini juga dapat bertahan lama. Meskipun baterai lithium ion memiliki harga yang cukup mahal, jika kita ingin membeli baterai sepeda, disarankan untuk membelinya dengan jenis baterai lithium ion. Baterai ini sangat ideal untuk setiap sepeda listrik yakni dalam hal berat, jangkauan jarak, serta umurnya yang relatif cukup panjang.

Cara Merawat Sepeda Listrik

Lalu bagaimana cara merawat baterai sepeda listrik yang tepat agar dapat bertahan lama? Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada saat baterai sepeda listriksudah kosong atau habis, segera lakukan pengisian ulang pada baterai, caranya yakni dengan matikan mesin lalu cabut kuncinya, jangan melakukan pengecasan ketika mesin dalam keadaan off secara langsung. Cabut listrik controller yang ada pada baterai lalu sambungkan baterai tersebut ke soket listrik kalian.
  2. Sebaiknya hindari tanjakan yang terlalu tajam atau ekstrem, karena itu adalah kelemahan sepeda listrik.
  3. Jangan langsung tancap gas pada saat riding. Alangkah lebih baik urut kekuatan gas secara perlahan jika ingin menambah kecepatan pada saat riding.

Latest

Aug 12, 2022 Pernah dengar program Jakarta langit biru? Progra...
Aug 10, 2022 Salah satu kendaraan yang bisa kamu sewa adalah s...
Aug 08, 2022 Saat ini, ada semakin banyak cara yang dilakukan ...