~ 5 Minutes Read
Mar 15, 2022 ~ 5 Minutes Read

Apa Saja Jenis Motor Listrik? Yuk Simak


15

Mar 2022

Walaupun tidak sebanyak dengan penggunaan roda dua dengan bahan bakar, tetapi penggunaan roda dua listrik semakin menjamur belakangan terutama di daerah perkotaan. Hal tersebut kemungkinan besar juga karena jenis-jenis motor listrik yang semakin beragam dan dari berbagai brand. Bukan hanya itu saja, desainnya juga tidak kalah eye-catchy sehingga membuat orang tertarik memilikinya.

Baca Juga : Kenali Regulasi Motor Listrik yang Berlaku di Indonesia

Dengan penggunaan kendaraan inilah sebenarnya akan memberikan banyak manfaat seperti mampu mengurangi adanya risiko pencemaran lingkungan akibat emisi gas. Serta mampu mengurangi polusi suara karena suara yang dihasilkan cukup lembut. Hingga membuat anda lebih hemat biaya pengeluaran karena untuk perawatannya hanya membutuhkan dana terjangkau.

Jenis-Jenis Motor Listrik

Melihat banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh jenis kendaraan inilah, anda pastinya semakin tertarik buat memilikinya bukan? Sebelum anda membawa pulang salah satu produk, tentu ada banyak pertimbangan dimana harus diketahui terlebih dahulu.

Salah satunya adalah dengan memahami apa sajakah jenis sepeda motor listrik tersebut. Sebab setiap jenisnya memang mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Motor DC

Untuk tipe pertama adalah motor DC dimana dilengkapi dengan adanya 2 terminal yang saling membutuhkan arus searah agar dapat bergerak. Perangkat inipun biasnya disematkan pada sejumlah barang elektronik dimana biasanya digunakan seperti peralatan rumah tangga hingga peralatan industri.

Tidak hanya itu saja, untuk perangkat tersebut mempunyai 2 bagian penting yakni stator dan rotor. Stator sendiri merupakan bagian dimana tidak dapat berputar dan nantinya akan terdiri dari kumparan medan atau rangka. Sedangkan rotor merupakan bagian dimana dapat bergerak.

Motor Induksi

Jenis motor listrik inipun lebih dikenal dengan sebutan mesin asinkron. Sebab perangkat inipun cukup unik karena mesinnya tidak akan beroperasi dengan kecepatan sinkron. Biasanya perangkat tersebut terdiri dari 2 jenis yakni induksi satu phasa dan 3 phasa dengan fungsi berbeda-beda.

Kendaraan tipe inipun biasanya akan dilengkapi dengan dua komponen utama yakni stator dan rotor seperti telah dijelaskan sebelumnya. Prinsip elektromagnetik juga digunakan pada jenis motor tersebut.

Motor Sinkron

Adapun tipe terakhir adalah motor Sinkron ini dimana prosesnya memang tidak akan bergantung pada arus induksi seperti dengan sebelumnya. itu bukan tanpa alasan karena rotor pada bagian motor sinkron adalah magnet permanen.

Nantinya magnet permanen itulah akan disinkronkan dengan medan magnet dimana berputar-putar. Putarannya akan terlihat lebih sinkron sesuai dengan frekuensi arus yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Setiap tipe sepeda motor sendiri memang mempunyai cara kerja berbeda-beda yang harus dipahami.

Tertarik untuk membeli jenis sepeda motor ini? maka anda harus mengetahui tipe-tipenya terlebih dahulu. Nah, vrent.id menyediakan Jenis-jenis motor listrik lengkap dimana bisa disewa sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Latest

Mar 06, 2024 Dealer Revolusi Kreatif Indonesia Viar (Vrent.id)...
Dec 16, 2023 KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI SPAREPART VIAR HUB...
Dec 13, 2023