~ 5 Minutes Read
Aug 05, 2022 ~ 5 Minutes Read

Yuk, Simak Cara Merawat Sepeda Listrik dengan Baik


05

Aug 2022

Viar C2

sumber: dok. Viar Indonesia

Sepeda listrik kian digemari masyarakat, terutama untuk kegiatan harian, seperti berbelanja ke pasar atau sekadar keliling komplek. Selain praktis, kemudahan penggunaan pun menjadikannya primadona.

Kendaraan yang mengandalkan baterai memang sangat mudah dikendarai. Cukup menarik handle gas, sepeda langsung meluncur. Dengan kemudahan yang didapatkan, ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk merawat sepedamu tetap awet.

Baca Juga: Sepeda Listrik, Kendaraan Pribadi Ramah Lingkungan yang Sedang Naik Daun

Cek Rutin Komponen-Komponen Sepeda Listrik

Ada banyak komponen pada sepeda listrik yang membutuhkan perhatian seperti, baterai, dinamo, handle gas dan rem, panel display, hingga controller.

Kamu perlu melakukan pengecekan rutin untuk memastikan komponen-komponen tersebut masih berfungsi baik. Bila terjadi sesuatu, seperti error, segera lakukan perbaikan, ya.

Menjaga dan Menyimpan Baterai dengan Benar

Idealnya, saat baterai sudah tersisa setidaknya 25%, kamu harus segera mengisi daya. Jangan sampai menunggu habis total atau membiarkannya over charge karena bisa memengaruhi keawetan baterai.

Cara memperlakukan baterai saat diisi daya juga penting. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan kunci kontak sepeda dalam keadaan off. Saat menghubungkannya ke stop kontak, soket pada charger harus dipasang dahulu ke baterai. Ingat ya, selalu gunakan charger orisinil.

Tak hanya ketika diisi daya, cara menyimpan baterai saat tidak digunakan juga sama pentingnya. Baterai harus disimpan jauh dari jangkauan anak, bahan mudah terbakar, dan terkena matahari langsung. Selain itu, pastikan baterai terhindar dari jatuh dan tertimpa benda lain.

Ada tips lain, nih, agar bateraimu tetap awet dan aman saat berkendara. Ketika baterai bermasalah, kamu harus menghubungi service center dan biarkan tenaga ahli yang memperbaikinya. Kamu juga tidak diperkenankan untuk memodifikasi baterai. Apabila kamu membongkarnya sendiri, akan beresiko rusak pada baterai.

Rutin membersihkan sepeda listrik

Menjaga kebersihan sepeda listrik penting untuk dilakukan. Tidak hanya membuat tampilannya selalu kinclong, dengan rutin membersihkannya juga bisa membuat komponen-komponennya terawat.

Untuk menjaga kebersihan sepeda listrik juga tidak bisa disamakan dengan sepeda pada umumnya. Hal ini dikarenakan ada langkah yang mesti diperhatikan lebih seksama. Pelajari juga, yuk, cara membersihkan sepeda bertenaga baterai yang tepat.

Pertama, kamu harus pastikan dahulu jok dan tempat charging  tertutup rapat. Ini untuk menghindari kerusakan pada area kelistrikan yang bisa merusak komponen baterai juga.

Kedua, ketika mencuci, sebaiknya hindari menyemprot langsung bagian baterai, soket isi daya, dan controller. Tekanan tinggi dari air beresiko merusak komponen-komponen tersebut. Lebih baik, gunakan penyemprot air bertekanan sedang dan menyiramnya dari atas.

Di luar itu, kamu bisa mencucinya seperti biasa. Jangan sampai sepeda listrikmu dibiarkan kotor. Selain bisa merawat kondisi sepedamu, menjaga kebersihannya juga akan membuatmu nyaman saat berkendara.

Baca Juga: Apa Saja Komponen Kelistrikan Sepeda Listrik

Itu tadi tips dan trik merawat baterai hingga mencuci sepeda listrik dengan baik. Kamu bisa lakukan tips-tips tersebut agar sepeda listrikmu tetap awet dan terawat.

Latest

Mar 06, 2024 Dealer Revolusi Kreatif Indonesia Viar (Vrent.id)...
Dec 16, 2023 KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI SPAREPART VIAR HUB...
Dec 13, 2023